Minggu, 29 November 2009

Internet bagi Siswa

Oleh: Silvia Monica

Internet merupakan kata yang sudah tidak asing lagi bagi siswa. Baik itu siswa SMA, SMP, SD bahkan anak TK pun sudah paham mengenai kata yang satu ini. Lalu, apakah manfaat internet itu sendiri bagi siswa?
Bagi siswa pada masa sekarang, internet banyak dimanfaatkan sebagai literatur dalam pencarian tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Apalagi sistem pendidikan saat ini yang lebih mengarahkan siswa untuk lebih aktif dibandingkan guru, mengharuskan siswa untuk lebih banyak mencari bahan-bahan pelajaran dari berbagai sumber. Keputusan pemerintah untuk tidak mewajibkan siswa membeli buku paket di sekolah, mengakibatkan siswa harus berusaha sendiri mencari buku yang paling lengkap dan paling sesuai dengan silabus yang telah diberikan oleh guru.
Selain memberikan keuntungan yang lebih di bidang pendidikan, internet juga memberikan semacam hiburan bagi siswa, seperti situs-situs game online. Internet juga dapat mempererat hubungan sosial siswa melalui situs-situs pertemanan.
Namun, internet juga dapat berdampak buruk bagi siswa, terutama siswa yang masih dibawah umur. Gambar-gambar yang kurang ‘layak’ untuk dilihat oleh siswa, beredar secara bebas di internet. Internet juga dapat digunakan sebagai ajang untuk melakukan tindakan kriminal. Lalu bagaimanakah seharusnya siswa menyikapi hal ini?
Satu-satunya hal yang dapat dilakukan siswa adalah mempertebal keyakinan akan keberadaan Tuhan Yang Maha Esa. Setiap agama yang dianut oleh setiap orang pasti mengajarkan hal-hal yang baik, dan sebagai pengikut agama tersebut, kita wajib melaksanakan setiap perintah yang diperintahkan kepada kita dan menghindari segala larangan yang tidak boleh kita lakukan selaku umat beragama. Kemudian kita juga harus memanfaatkan internet dengan baik. Kita menggunakan internet untuk hal-hal yang berguna, bukan untuk hal-hal yang tidak baik yang tentu saja akan merusak moral anak bangsa.
Sehingga dapat disimpulkan, dengan memanfaatkan internet sesuai dengan fungsinya, maka kita selaku siswa yang bermoral, secara berangsur-angsur akan dapat memperbaiki moral dan kepribadian bangsa Indonesia. Sehingga terciptalah generasi penerus yang cerdas dan bermoral.
Saran saya, baiklah semua pihak bersama-sama menjaga, agar internet tidak membawa dampak negatif bagi para penggunanya, termasuk siswa. Baiklah orang tua, guru, bahkan pemerintah sekalipun, ikut membantu mengawasi siswa dalam menggunakan internet, agar dampak negatif dari internet ini dapat kita tekan.


Pelajar di SMAN 4 Pekanbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar