Minggu, 29 November 2009

Manfaat Internet bagi Dunia Pendidikan

Manfaat Internet bagi Dunia Pendidikan

Oleh: Silvia Monica

Banyak orang berpendapat bahwa internet merupakan media komunikasi yang ‘kurang’ baik bagi pelajar. Pelajar yang cenderung masih dalam usia remaja memiliki sifat selalu ingin tahu, dan juga memiliki rasa ego yang luar biasa. Bila seorang remaja melihat temannya memperoleh sesuatu, ia juga akan terdorong untuk mendapatkan hal yang serupa. Begitu pula dalam pemakaian internet. Jika seorang pelajar yang dalam hal ini masih berusia remaja, menemukan sebuah situs yang agak sedikit ‘liar’ dibandingkan situs-situs yang masih diajarkan oleh gurunya, maka teman-temannya akan terdorong untuk mencarinya juga. Bahkan mungkin ada yang ingin mencari yang ‘lebih’ dari itu.
Sebagai orang tua, kebanyakan orang-orang sangat ketakutan bila keingintahuan anaknya malah akan menjerumuskan anak-anaknya ke jalan yang tidak benar. Kebanyakan orang tua akan bersikap lebih protektif, padahal sikap seperti ini justru bukan merupakan sikap yang efektif, karena kebanyakan anak-anak akan kehilangan kepercayaan dirinya dan menjadi ‘minder’ terhadap dunia luar. Ada pula anak-anak yang malah semakin dikekang akan semakin melawan dan akibatnya tentu akan lebih buruk lagi. Apalagi di era globalisasi seperti sekarang ini, guru-guru cenderung lebih pasif dalam mengajar dan lebih sering menugaskan siswa-siswanya untuk mencari sendiri di internet. Bila protektifitas orang tua menjadikan anak tidak diizinkan untuk mencarinya, bagaimana anak-anak akan belajar?
Satu-satunya hal yang bisa dilakukan adalah menerangkan lebih lanjut kepada para orang tua manfaat-manfaat yang bisa diperoleh dari internet itu sendiri. Bagi siswa, internet dapat berguna untuk mempermudah siswa dalam mencari tugas-tugas, mencari informasi mengenai bahan-bahan pelajaran yang mungkin kurang dipahami, berkomunikasi dengan guru secara jarak jauh, dan banyak manfaat lainnya. Sementara bagi guru sendiri, internet dapat bermanfaat untuk membantu guru-guru dalam pembuatan soal-soal ujian siswa. Banyak situs dan blog saat ini yang menyediakan berbagai macam soal yang bervariasi. Dengan demikian, siswa tidak akan merasa bosan dengan metode soal yang diberikan guru. Guru juga dapat meng-update kurikulum yang terbaru dan informasi mengenai nilai KKM dari berbagai sekolah. Internet juga dapat membantu guru saat mencari bahan-bahan ajaran yang akan diterangkan kepada siswa. Ketika guru menghadapi kesulitan akan pertanyaan yang dilontarkan siswa, guru juga dapat mencarinya di internet atau mendiskusikannya dengan orang lain di milis.
Tidak hanya guru dan siswa saja yang dapat merasakan kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh internet. Kepala sekolah selaku pimpinan sekolah juga dapat merasakannya. Kepala sekolah dapat meng-update informasi mengenai peraturan-peraturan dari Dinas Pendidikan maupun dari pemerintah. Kepala sekolah juga dapat men-sharing informasi mengenai kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan maupun metode pengajaran yang digunakan di sekolah yang dipimpinnya dengan kepala sekolah dari berbagai sekolah lainnya di seluruh belahan dunia.
Sehingga dapat disimpulkan, bahwa internet merupakan media komunikasi yang sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan. Baik itu dari kepala sekolah hingga siswa-siswanya.
Saran saya, baiklah semua pihak bersama-sama menjaga, agar internet tidak membawa dampak negatif bagi para penggunanya, termasuk kita. Baiklah orang tua, guru, bahkan pemerintah sekalipun, ikut membantu mengawasi siswa dalam menggunakan internet, agar dampak negatif dari internet ini dapat kita tekan.


Pelajar di SMAN 4 Pekanbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar